Menu

Mode Gelap

Opini · 15 Nov 2022 08:37 WIB

Promer Akuntansi Empang Bawa Melakukan Program Tanam Pohon Disekitaran TPU


 Promer Akuntansi  Empang Bawa  Melakukan Program Tanam Pohon Disekitaran TPU Perbesar

Empang bawa, 11/11/22. Mahasiswa program merdeka (promer) Universitas Teknologi Sumbawa (UTS) melaksanakan program   menanam sebagai salah satu upaya dalam peningkatan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat dusun Lagenti, desa Empang Bawa, kecamatan Empang, kabupaten Sumbawa pada, Jumat (11/11).

Pentingnya Menanam Pohon

Menanam pohon merupakan bentuk kepedulian dan kecintaan manusia terhadap bumi. Dengan pohon dan hutan yang baik, maka akan memberikan kesejahteraan yang baik pula untuk manusia. Oleh karena itu, Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan (DLHK) menggerakkan masyarakat untuk turut serta dalam kegiatan penanaman pohon. Penanaman pohon tersebut dilakukan di TPU Empang bawa tepatnya disusun Lagenti kecematan Empang pada Jumat  (11/11/22).

Manfaat menanam pohon

  1. Membuat Udara Sekitar Menjadi Lebih Segar dan Sehat

Salah satu manfaat menanam tanaman  ialah membuat udara menjadi lebih sehat dan segar. Lingkungan di juga akan menjadi lebih asri dan sejuk. Kita bisa menanam pohon di taman rumah, sehingga manfaatnya bisa langsung dirasakan oleh penghuni rumah. Seperti yang telah kita ketahui bahwa pohon mengalami fotosintesis dan menghasilkan oksigen. Oksigen yang dihasilkan oleh pohon-pohon tersebutlah yang membuat udara disekitar menjadi segar dan sehat. Sehingga makhluk hidup yang ada di sekitar pohon dapat menghirup oksigen yang bersih.

  1. Menjaga Populasi Berbagai Makhluk Hidup

Pentingnya menanam pohon juga berkaitan langsung dengan populasi makhluk hidup yang tinggal di pohon. Kita bisa membayangkan pentingnya pohon bagi kehidupan makhluk yang menjadikannya sebagai tempat tinggal. Bahkan ratusan makhluk hidup seperti burung, reptil, serangga, dan berbagai makhluk hidup lainnya yang bersarang di pohon. Ketika tidak ada pohon, maka banyak makhluk hidup yang akan kehilangan rumah mereka. Alhasil mereka tidak bisa bertahan hidup dan pada akhirnya mengalami kepunahan. Jadi untuk mencegah terjadinya hal tersebut, kita perlu menanam pohon untuk menjaga populasi makhluk hidup tetap ada dan bertahan dalam waktu yang panjang.

  1. Membantu Mengurangi Ancaman Pemanasan Global

Manfaat menanam pohon untuk pemanasan global, jadi adanya pohon-pohon ini dapat membantu menyerap emisi karbon yang menjadi tersangka utama terjadinya pemanasan global. Pohon-pohon yang tumbuh dapat mengurangi dampak buruk dari pemanasan global, sehingga penting sekali menanam pohon mulai dari sekarang.

  1. Membantu Mengurangi Risiko Terjadinya Banjir dan Tanah Longsor

Pentingnya menanam pohon tidak lain dan tidak bukan untuk membantu mengurangi risiko terjadinya banjir dan juga tanah longsor. Pasalnya menanam pohon dapat membantu mencegah erosi tanah yang memicu terjadinya tanah longsor. Jadi nantinya pohon akan membantu menahan tekanan air akibat hujan lebat, sehingga dapat mengurangi risiko terjadinya tanah longsor. Selain itu, pohon juga dapat membantu mencegah terjadinya banjir. Bahkan pohon dapat mengurangi ketinggian banjir di bantaran sungai hingga 20 persen. Jika tidak ada pohon, maka air hujan tidak dapat terserap dan pada akhirnya akan mengalir ke sungai sehingga menyebabkan luapan banjir.

  1. Membantu Mencegah Terjadinya Polusi Udara

Perihal polusi udara ini memang masih menjadi persoalan yang perlu ditangani. Apalagi untuk masyarakat yang tinggal di dekat lokasi industri ataupun kota-kota besar yang memiliki mobilitas tinggi. Udara-udara yang sudah terkontaminasi ini perlu dibersihkan dengan bantuan tanaman supaya zat karbon dioksida yang mengudara dapat diserap dengan baik oleh pohon yang nantinya zat tersebut akan diproses kembali menjadi oksigen. Keberadaan banyak pohon yang kaya akan oksigen ini dapat membantu mencegah terjadinya polusi udara. Namun saat ini keberadaan pohon semakin lama semakin berkurang, ini semua karena ulah beberapa oknum yang tidak bertanggung jawab. Ketika Anda sudah mengetahui betapa pentingnya pohon untuk kesehatan lingkungan, kita menjadi semangat untuk menanam kembali pohon-pohon tersebut.

Kesadaran untuk menanam pohon di sekitaran lingkungan atau dekat  rumah bisa menjadi langkah awal untuk membantu lingkungan menjadi lebih sehat. Jadi tidak ada salahnya menanam beberapa pohon dilingkungan  untuk menjaga rumah tetap sehat. (PROMER AKUNTANSI EMPANG BAWA)

 

Artikel ini telah dibaca 28 kali

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

Pemimpin Muda Dalam Tatanan Birokrasi Dan Karakteristiknya

10 Desember 2023 - 09:24 WIB

Dukung Pengembangan Teknologi Tepat Guna, Bidang III DPMD Berkunjung ke Sumbawa Techno Park Di UTS

9 Desember 2023 - 12:04 WIB

Hakikat KIP Kuliah

6 Juli 2023 - 07:38 WIB

Mutu Pendidikan Rendah Akar dari Semua Masalah Hidup

1 Juni 2023 - 13:04 WIB

Inovasi Laboratorium Klinik Rumah Sakit Pasca Covid-19

29 Mei 2023 - 12:56 WIB

Perforasi Gaster ; Kenali Bahayanya dan Cegah Bersama

24 Mei 2023 - 17:22 WIB

Trending di Opini