Menu

Mode Gelap

Pemerintahan · 18 Jan 2024 15:09 WIB

Bupati Bangga, Sumbawa Raih Kualitas Tinggi dalam Penyelenggaraan Pelayanan Publik


 Bupati Bangga, Sumbawa Raih Kualitas Tinggi dalam Penyelenggaraan Pelayanan Publik Perbesar

Sumbawa, dwipamedia.com – Bupati Sumbawa, H Mahmud Abdullah mengaku bangga dan bahagia terhadap raihan yang diraih daerah ini, terutama dalam hal penyelenggaraan pelayanan publik. Dimana Kabupaten Sumbawa telah memperoleh predikat penilaian kepatuhan “Kualitas Tinggi” dengan kategori B atau zona hijau, menurut hasil survei Ombudsman Republik Indonesia Tahun 2023.

“Ini merupakan sebuah kebahagiaan dan kebanggaan tersendiri bagi kita semua, karena kita diberikan anugerah yang luar biasa atas capaian luar biasa pula dalam konteks penyelenggaraan pelayanan publik,” kata Bupati dalam sambutannya dalam kegiatan penyerahan Piagam Penghargaan Kepatuhan Penyelenggaraan Pelayanan Publik Tahun 2023, pada Kamis (18/1/2024) di aula H Madilaoe ADT lantai III kantor Bupati Sumbawa.

Diungkapkan, pada tahun 2022 lalu Kabupaten Sumbawa berada dalam zona kuning dengan nilai 67,24 dan Kategori C (Kualitas Sedang). Namun berhasil melompat signifikan pada tahun 2023 dengan memperoleh nilai 80,06 dan masuk ke dalam zona hijau dengan Kategori B atau Kualitas Tinggi. “Perjalanan dari zona kuning menjadi zona hijau tidaklah mudah, tetapi bersama-sama, kita berhasil mengatasi setiap rintangan dan tantangan yang dihadapi,” tukasnya.

Ditegaskan, keberhasilan ini tidak terlepas dari kerja keras, dedikasi, serta sinergi antara seluruh instansi Pemerintah Daerah, termasuk beberapa sampel unit layanan yang memperoleh penilaian kualitas tinggi seperti Dinas Sosial, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil, serta Puskesmas Unit II Sumbawa. “Kita juga tidak boleh melupakan peran serta masyarakat yang menjadi penerima manfaat dari pelayanan publik ini, juga sekaligus sebagai mitra utama dalam mencapai pelayanan publik yang bermutu,” tegas Bupati.

Diharapkan kedepan, Kabupaten Sumbawa dapat menjadi contoh bagi daerah lain, bahwa pelayanan publik yang berkualitas dapat diwujudkan melalui komitmen dan kebersamaan. Penilaian ini bukan hanya sebatas prestasi bagi daerah, tetapi juga menjadi motivasi untuk terus meningkatkan mutu layanan kepada masyarakat.

Dalam kesempatan itu, Bupati mengucapkan terimakasih kepada Ombudsman Perwakilan Provinsi NTB, atas kontribusi dan bimbingan yang telah diberikan dalam melaksanakan survei ini. Apresiasi ini menjadi bukti konkret bahwa Kabupaten Sumbawa dapat berkembang dan terus memperbaiki diri untuk memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat. “Predikat zona hijau ini menjadi cermin kepercayaan masyarakat terhadap kemampuan kita dalam memberikan pelayanan yang terbaik,” pungkasnya.

Dalam kegiatan tersebut dihadiri Kepala Ombudsman Perwakilan Provinsi Nusa Tenggara Barat, Dwi Sudarsono, Asisten Perekonomian dan Pembangunan Sekda Sumbawa, L Sumarmaji K, serta para pimpinan OPD terkait. (awe)

Artikel ini telah dibaca 9 kali

Baca Lainnya

Temui Menkomarves dan KSAL, Pemkab Sumbawa Matangkan Sail Indonesia 2024

23 Juli 2024 - 14:10 WIB

Distan Sumbawa Usulkan Belasan Ribu Hektar Program Cetak Sawah Baru ke Pusat

17 Juli 2024 - 15:31 WIB

Bupati Kukuhkan Masa Jabatan 8 Tahun 914 BPD se Kabupaten Sumbawa

12 Juli 2024 - 11:49 WIB

Masa Jabatan Kades dan BPD di Kabupaten Sumbawa Diperpanjang

23 Mei 2024 - 10:01 WIB

Bupati Sumbawa Tinjau Kelanjutan Pembangunan Jalan Samota

28 April 2024 - 19:43 WIB

Lomba FBS Tahun 2024 Diikuti 367 Siswa SD dan SMP se Kabupaten Sumbawa

27 April 2024 - 18:50 WIB

Trending di Pemerintahan