Menu

Mode Gelap

Pemerintahan · 9 Nov 2023 20:20 WIB

DPRD Sumbawa Ikuti Bimtek Perencanaan dan Penganggaran APBD 2024


 DPRD Sumbawa Ikuti Bimtek Perencanaan dan Penganggaran APBD 2024 Perbesar

Jakarta, dwipamedia.com – Anggota DPRD Kabupaten Sumbawa melaksanakan bimbingan teknis yang mengangkat Isu Strategis Perencanaan dan Penganggaran dalam Penyusunan APBD 2024 dan Percepatan Realisasi APBD. Kegiatan terlaksana di Jakarta pada tanggal 8 hingga 11 November 2023.

Pada pembukaan bimtek, Wakil Ketua LPM Universitas Krisnadwipayana, Susetya Herawati memberi apresiasi atas kerjasama kedua lembaga dalam pelaksanaan bimtek. “Kami sangat gembira bisa bekerjasama dengan DPRD Sumbawa dalam upaya memperkuat kapasitas DPRD dalam pembangunan daerah. Sesuai dengan tema yang diangkat, Kami telah menyiapkan Narasumber yang kompeten dari Kementerian Dalam Negeri,” terangnya.

Pihaknya mengaku sempat berbincang dengan pimpinan dan anggota sempat, tentang memimpin dengan seni. Hal ini meenurutnya sangat menarik, karena memimpin tak lepas dari manajemen. Jadi kepemimpinan bisa disebut juga memimpin dengan manajemen dan seni.

Menurutnya, ditengah arus digital semua pihak perlu merangkul dan memanfaatkan kecanggihan teknologi, dengan sentuhan inovasi dan penguatan karakter. Demikian juga dalam perencanaan kota dan tata ruang, sangat membutuhkan inovasi sehingga bisa bermanfaat bagi masyarakat.

Ia juga menilai, pemuda perlu dirangkul, karena akan menjadi estafet pembangunan. Maka DPRD perlu merencanakan pemuda dalam peningkatan SDMnya. “Kita harus mampu melihat bakat mereka, bagaimana mendeliver masyarakat kita untuk melihat jauh kedepan dalam membangun Sumbawa kedepan. Harus punya visi dan misi yang kuat yang dilandasi dengan hasil kajian sehingga ada perubahan yang diadopsi. Kita harus membuka diri, mau belajar dari organisasi lain, orang lainnya,” tuturnya.

Herawati sempat mengutip cerita sukses dalam olahraga, sebuah negara yang memiliki postur tubuh kecil namun punya cita-cita dan tujuan untuk menang. “Kita juga bisa memiliki keyakinan yang sama, namun eksekusinya berbeda. Harapan kami bimtek hadir untuk lebih memahami bagaimana strategi perencanaan dan penganggaran APBD dan peka dengan isu isu baru dalam pemerintahan daerah,” tegasnya.

Sementara Ketua DPRD Kabupaten Sumbawa Abdul Rafiq, dalam kesempatan itu memberikan apresiasi kepada penyelenggara bimtek. “Tadi kami mendengar lembaga kemampuan yang telah melahirkan karya dalam perencanaan wilayah kota dan tata ruang. Ini sangat menarik karena daerah kami sangat membutuhkan ide dan gagasan pentaan kota hingga desa. Karena daerah kami cukup luas yang melibatkan berbagai etnis dan suku namun dapat hidup dengan penuh harmonis,” terang Rafiq.

Diharapkan apa yang dipelajari dari kegiatan bimtek mulai hari pertama hingga berakhirnya kegitan dapat diserap dengan baik oleh seluruh peserta bimtek.

Kedepannya DPRD Sumbawa dapat terus bekerjasama dengan lembaga, tidak hanya dalam pelaksanaan bimtek namun pada hal lainnya dalam membangun daerah. “Apalagi LPM ini adalah Doktor Perencanaan Kota dan Tata Ruang, sehingga dalam mendesain Kota dapat bermanfaat bagi masyarakat,” pungkasnya. (dmn)

Artikel ini telah dibaca 13 kali

Baca Lainnya

Masa Jabatan Kades dan BPD di Kabupaten Sumbawa Diperpanjang

23 Mei 2024 - 10:01 WIB

Bupati Sumbawa Tinjau Kelanjutan Pembangunan Jalan Samota

28 April 2024 - 19:43 WIB

Lomba FBS Tahun 2024 Diikuti 367 Siswa SD dan SMP se Kabupaten Sumbawa

27 April 2024 - 18:50 WIB

Kabupaten Sumbawa Raih Peringkat Empat Nasional dalam Standar Pelayanan Minimal 2024

24 April 2024 - 19:17 WIB

Pelaku Wisata di Sumbawa Diberi Pelatihan Pemasaran Digital Sektor Pariwisata

24 April 2024 - 18:35 WIB

Ratusan PPPK Formasi 2023 Terima SK Pengangkatan

19 April 2024 - 16:30 WIB

Trending di Pemerintahan