Menu

Mode Gelap

Pemerintahan · 24 Jul 2023 17:20 WIB

Tangani ODGJ, Pemda Sumbawa Perkuat Sinergitas


 Tangani ODGJ, Pemda Sumbawa Perkuat Sinergitas Perbesar

Sumbawa, dwipamedia.com – Pemerintah Daerah (Pemda) Sumbawa terus memperkuat sinergitas dengan semua pihak, dalam upaya penanganan Orang Dengan Gangguan Jiwa (ODGJ) di daerah. Salah satu yang dilakukan yakni melaksanakan kegiatan Advokasi, Koordinasi dan Sosialisasi Tim Pelaksanaan Kesehatan Jiwa Masyarakat, pada Selasa 24 Juli 2023 di Aula Hotel Tambora Sumbawa.

Kegiatan ini terselenggara atas kerjasama Dinas Kesehatan Kabupaten Sumbawa dengan Rumah Sakit Jiwa Mutiara Sukma Provinsi NTB.

Dalam arahannya, Wakil Bupati Sumbawa, Hj Dewi Noviany menjelaskan, kesehatan jiwa merupakan salah satu aspek penting dalam kesejahteraan masyarakat yang tidak boleh diabaikan. Namun menurutnya, masih banyak stigma dan diskriminasi terhadap orang yang mengalami gangguan jiwa. “Inilah mengapa kegiatan seperti ini menjadi sangat penting untuk mengubah paradigma dan meningkatkan pemahaman kita tentang isu kesehatan jiwa,” terangnya.

Wabup mengajak seluruh elemen masyarakat, termasuk media massa, untuk ikut berperan aktif dalam mendukung upaya penanggulangan ODGJ. “Dengan berita yang akurat dan berimbang, kita dapat mengedukasi masyarakat tentang pentingnya perhatian terhadap kesehatan jiwa dan dampak positifnya bagi masyarakat,” tuturnya.

Menurut Wabup, koordinasi antar lembaga, organisasi, dan komunitas juga sangat penting. “Sinergi di antara semua pihak akan memperkuat peran kita dalam mengatasi masalah kesehatan jiwa, sehingga program-program yang kita jalankan akan lebih terintegrasi dan berdampak positif pada masyarakat Kabupaten Sumbawa,” ujarnya.

Sementara Kepala Dinas Kesehatan Sumbawa, Junaedi dalam laporannya menyebutkan, jumlah kasus ODGJ yang tertangani sesuai standar di Kabupaten Sumbawa pada tahun 2022 sebanyak 762 orang atau 60 persen dari total kasus 1.250 orang. Adapun pada tahun 2023 hingga bulan Juni, terjadi peningkatan jumlah kasus yang mendapat pelayanan yaitu sebanyak 903 kasus dari target 1.263 kasus.

Turut hadir pada kegiatan ini, Pejabat yang mewakili Direktur RSJ Mutiara Sukma Mataram selaku Narasumber, diikuti seluruh anggota Tim Pelaksanaan Kesehatan Jiwa Masyarakat Kabupaten Sumbawa yang berasal dari berbagai OPD terkait. (awe)

Artikel ini telah dibaca 25 kali

Baca Lainnya

Masa Jabatan Kades dan BPD di Kabupaten Sumbawa Diperpanjang

23 Mei 2024 - 10:01 WIB

Bupati Sumbawa Tinjau Kelanjutan Pembangunan Jalan Samota

28 April 2024 - 19:43 WIB

Lomba FBS Tahun 2024 Diikuti 367 Siswa SD dan SMP se Kabupaten Sumbawa

27 April 2024 - 18:50 WIB

Kabupaten Sumbawa Raih Peringkat Empat Nasional dalam Standar Pelayanan Minimal 2024

24 April 2024 - 19:17 WIB

Pelaku Wisata di Sumbawa Diberi Pelatihan Pemasaran Digital Sektor Pariwisata

24 April 2024 - 18:35 WIB

Ratusan PPPK Formasi 2023 Terima SK Pengangkatan

19 April 2024 - 16:30 WIB

Trending di Pemerintahan