Menu

Mode Gelap

Pemerintahan · 6 Mar 2023 13:53 WIB

UMKM Sumbawa Turut Meriahkan WSBK di Mandalika


 UMKM Sumbawa Turut Meriahkan WSBK di Mandalika Perbesar

Sumbawa, dwipamedia.com – Para pelaku UMKM yang ada di Kabupaten Sumbawa turut terlibat pada kegiatan event World Superbike (WSBK) di sirkuit Mandalika Internasional Lombok. Hal ini suatu hal yang cukup membanggakan. Apalagi mereka terlibat secara mandiri, dengan memanfaatkan jaringan yang dimiliki.

‘’UMKM kita di WSBK itu mereka terlibat secara mandiri. Mandiri artinya memang tidak di organisir khusus oleh Pemerintah Kabupaten. Jadi ada beberapa pelaku-pelaku UMKM yang sudah punya jejaring dengan pelaku UMKM yang ada di Mandalika sebelumnya, sehingga itu mereka secara mandiri,’’ terang Kepala Dinas Koperasi UKM Perindustrian dan Perdagangan (Diskoperindag) Sumbawa, Dedy Heriwibowo kepada wartawan, Senin 6 Maret 2023.

Dalam kegiatan berskala internasional tersebut, para UMKM ini ada yang mengirimkan produk melalui Diskoperindag, yang kemudian diteruskan mitranya yang ada di Mandalika. ‘’Sehingga kita melihat ini mulai ada kerja sama antara pelaku – pelaku usaha, khususnya di kalangan UMKM dengan mitra-mitranya yang ada di luar daerah misalnya di Mandalika,’’ tukasnya.

Pihaknya menilai, prodak yang dihasilkan UMKM lokal Sumbawa mempunyai kelebihan dan keunikan tersendiri. Bahkan memiliki harga yang bisa bersaing, termasuk juga ada sertifikasi halal. Itu yang menyebabkan produk-produk UMKM Sumbawa mulai bisa bersaing di luar daerah. ‘’Yang paling penting dalam usaha ini adalah hubungan baik antar pelaku usaha. Jadi hubungan baik mereka ini dengan teman-temannya yang ada di Mandalika, Mataram sehingga melalui hubungan bisnis yang sifatnya jangka panjang. Inilah yang menyebabkan produk-produk mereka ini di kerjasamakan dan bisa saling terhubung dengan teman-temannya,’’ demikian Dedy. (awe)

Artikel ini telah dibaca 39 kali

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

Masa Jabatan Kades dan BPD di Kabupaten Sumbawa Diperpanjang

23 Mei 2024 - 10:01 WIB

Bupati Sumbawa Tinjau Kelanjutan Pembangunan Jalan Samota

28 April 2024 - 19:43 WIB

Lomba FBS Tahun 2024 Diikuti 367 Siswa SD dan SMP se Kabupaten Sumbawa

27 April 2024 - 18:50 WIB

Kabupaten Sumbawa Raih Peringkat Empat Nasional dalam Standar Pelayanan Minimal 2024

24 April 2024 - 19:17 WIB

Pelaku Wisata di Sumbawa Diberi Pelatihan Pemasaran Digital Sektor Pariwisata

24 April 2024 - 18:35 WIB

Ratusan PPPK Formasi 2023 Terima SK Pengangkatan

19 April 2024 - 16:30 WIB

Trending di Pemerintahan