Menu

Mode Gelap

Pemerintahan · 11 Jan 2023 19:45 WIB

Pelabuhan Tanjung Santong Akhirnya Dibangun


 Pelabuhan Tanjung Santong Akhirnya Dibangun Perbesar

Sumbawa, dwipamedia.com – Pemerintah akhirnya mewujudkan pembangunan Pelabuhan Tanjung Santong yang berlokasi di Desa Teluk Santong Kecamatan Plampang Kabupaten Sumbawa – NTB. Sebelumnya, berbagai upaya telah dilakukan Pemda Sumbawa, agar pembangunan tersebut bisa terealisasi, seperti survey lokasi, pengadaan lahan, pinjam pakai lahan serta lainnya.

Pembangunan Pelabuhan Tanjung Santong resmi dimulai pada Rabu 11 Januari 2023. Ditandai dengan dilaksanakannya ground breaking oleh Kepala Badan Pangan Nasional (Bapanas) RI, Arief Prasetyo Adi, didampingi Gubernur NTB dan Bupati Sumbawa.

Dalam sambutannya, Bupati Sumbawa, H. Mahmud Abdullah menyatakan, perlu ada infrastruktur yang memadai dalam mendukung pengembangan potensi yang dimiliki Kabupaten Sumbawa. Meskipun saat ini Sumbawa memiliki Pelabuhan Badas, namun kondisinya tidak memungkinkan untuk dilakukan perluasan.

Dengan begitu, lanjut Haji Mo – sapaan akrab Bupati Sumbawa, pembangunan Pelabuhan Tanjung Santong ini menjadi solusi yang sangat tepat dan dinanti masyarakat Sumbawa. “Kami berharap proses pembangunan pelabuhan ini dapat segera dimulai, sehingga dapat dimanfaatkan untuk kesejahteraan masyarakat,” tuturnya.

Ditempat yang sama, Gubernur NTB, H. Zulkieflimansyah menilai, hadirnya Pelabuhan Tanjung Santong ini diharapkan dapat mengatasi persoalan harga komoditas pertanian dan peternakan bagi masyarakat NTB. Apalagi pelabuhan ini rencananya dibangun dengan kapasitas yang cukup besar.

Sementara, Kepala Bapanas Arief Prasetyo Adi mengaku akan mengupayakan percepatan pembangunan Pelabuhan Tanjung Santong. Ia menargetkan pembangunannya akan memakan waktu sekitar 10 bulan. “Keberadaan pelabuhan ini nantinya dapat menambah mobilitas distribusi hasil pertanian dan peternakan masyarakat Sumbawa signifikan,” pungkasnya. (pkp)

Artikel ini telah dibaca 24 kali

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

Temui Menkomarves dan KSAL, Pemkab Sumbawa Matangkan Sail Indonesia 2024

23 Juli 2024 - 14:10 WIB

Distan Sumbawa Usulkan Belasan Ribu Hektar Program Cetak Sawah Baru ke Pusat

17 Juli 2024 - 15:31 WIB

Bupati Kukuhkan Masa Jabatan 8 Tahun 914 BPD se Kabupaten Sumbawa

12 Juli 2024 - 11:49 WIB

Masa Jabatan Kades dan BPD di Kabupaten Sumbawa Diperpanjang

23 Mei 2024 - 10:01 WIB

Bupati Sumbawa Tinjau Kelanjutan Pembangunan Jalan Samota

28 April 2024 - 19:43 WIB

Lomba FBS Tahun 2024 Diikuti 367 Siswa SD dan SMP se Kabupaten Sumbawa

27 April 2024 - 18:50 WIB

Trending di Pemerintahan