Menu

Mode Gelap

Pemerintahan · 26 Jun 2023 16:40 WIB

Libatkan Pelaku UMKM, Pemda Laksanakan Gebyar Pangan Murah


 Libatkan Pelaku UMKM, Pemda Laksanakan Gebyar Pangan Murah Perbesar

Sumbawa, dwipamedia.com – Para pelaku UMKM yang ada di Kabupaten Sumbawa dilibatkan dalam Gebyar Pangan Murah, yang terlaksana Senin 26 Juni 2023, di Taman Mangga. Kegiatan ini digelar Pemda Sumbawa, untuk menekan inflasi di daerah.

Bupati Sumbawa, H. Mahmud Abdullah dalam sambutannya mengatakan, Gebyar Panggan Murah dilaksanakan serentak secara nasional. Tujuannya, untuk mencegah terjadinya inflasi di daerah, terutama menjelang hari besar keagamaan.

Melalui kegiatan ini, lanjut Bupati, Pemda mencoba menjaga harga barang agar tetap stabil. Sehingga dapat dijangkau oleh masyarakat. “Apalagi saat ini menjelang hari raya, ada kecenderungan terjadi inflasi karena kenaikan harga barang,” tutur Bupati.

Sementara Kepala Dinas Ketahanan Pangan Sumbawa, Irin Wahyu Indarti menjelaskan, dalam kegiatan ini pihaknya melibatkan berbagai pihak, seperti Bulog, distributor, gabungan kelompok tani, lumbung pangan dan retail moderen.

Diungkapkan, dalam kegiatan ini pihaknya menggerakkan para pelaku UMKM untuk menjual produknya dengan harga yang lebih murah. Artinya, barang yang dijual dengan harga pokoknya saja. Tidak termasuk biaya distribusi dan biaya lainnya. “Kegiatan ini akan kembali kami lakukan seusai Idul Adha,” terangnya.

Selain itu, pihaknya juga akan bekerjasama dengan Dinas Koperasi UKM Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Sumbawa, untuk kembali menggelar kegiatan serupa di sejumlah kecamatan, seperti di Lunyuk dan Labangka. Karena harga barang di dua Kecamatan tersebut terbilang cukup tinggi. Disebabkan oleh biaya transportasi akibat lokasi yang cukup jauh dan susah diakses. (awe)

Artikel ini telah dibaca 65 kali

Baca Lainnya

Temui Menkomarves dan KSAL, Pemkab Sumbawa Matangkan Sail Indonesia 2024

23 Juli 2024 - 14:10 WIB

Distan Sumbawa Usulkan Belasan Ribu Hektar Program Cetak Sawah Baru ke Pusat

17 Juli 2024 - 15:31 WIB

Bupati Kukuhkan Masa Jabatan 8 Tahun 914 BPD se Kabupaten Sumbawa

12 Juli 2024 - 11:49 WIB

Masa Jabatan Kades dan BPD di Kabupaten Sumbawa Diperpanjang

23 Mei 2024 - 10:01 WIB

Bupati Sumbawa Tinjau Kelanjutan Pembangunan Jalan Samota

28 April 2024 - 19:43 WIB

Lomba FBS Tahun 2024 Diikuti 367 Siswa SD dan SMP se Kabupaten Sumbawa

27 April 2024 - 18:50 WIB

Trending di Pemerintahan