Menu

Mode Gelap

Pemerintahan · 11 Mei 2023 15:57 WIB

Sumbawa Segera Finalkan Grand Design Pembangunan Kependudukan


 Sumbawa Segera Finalkan Grand Design Pembangunan Kependudukan Perbesar

Sumbawa, dwipamedia.com – Kabupaten Sumbawa saat ini sedang menyelesaikan penyusunan Grand Design Pembangunan Kependudukan (GDPK). Ini merupakan kebijakan dalam program lima tahunan pembangunan kependudukan Indonesia, guna mewujudkan target pembangunan kependudukan.

Rapat pendampingan penyusunan dan pengolahan data, dan analisis GDPK 5 Pilar, digelar pada Kamis 11 Mei 2023, di aula H Hasan Usman lantai I kantor Bupati Sumbawa. Kegiatan itu dibuka oleh Sekda Sumbawa, H Hasan Basri. Ia berharap kegiatan ini berjalan dengan baik dan lancar. Sehingga grand design pembangunan kependudukan ini bisa segera diterapkan di Kabupaten Sumbawa. “Grand design ini mudahan bisa segera final,” harap Sekda.

Hadir pula dalam rapat tersebut, Kepala Dinas Pengendalian Penduduk Keluarga Berencana Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, Kepala Dinas Kesehatan. Hadir pula dari Bappeda, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil, serta lainnya.

Adapun maksud dari GDPK yakni memberikan arah bagi pelaksanaan pembangunan kependudukan, menjadi pedoman bagi penyusunan peta jalan (road map) pembangunan kependudukan agar terjadi sinergi, sinkronisasi, harmonisasi, efektifitas dan efisiensi pembangunan kependudukan, menjadi acuan bagi Dinas / Badan / Kantor / Instansi dalam perencanaan pembangunan berwawasan kependudukan, mewujudkan pembangunan kependudukan yang berkelanjutan melalui rekayasa kondisi penduduk optimal yang berkaitan dengan jumlah struktur/komposisi,pertumbuhan serta persebaran penduduk yang sesuai dengan daya dukung alam dan daya tampung lingkungan hidup.

Tujuan Utama dari GDPK adalah tercapainya kualitas penduduk yang tinggi sehingga mampu menjadi faktor penting dalam mencapai kemajuan bangsa. Sedangkan tujuan khusus dari GPDK ini adalah Penduduk Tumbuh seimbang, Manusia Indonesia yang sehat jasmani dan rohani, cerdas, mandiri, beriman dan memiliki etos kerja yang tinggi, Keluarga Indonesia yang berketahanan, sejahtera, sehat, maju, mandiri dan harmoni. Keseimbangan persebaran penduduk yang serasi dengan daya dukung alam dan daya tampung lingkungan, Administrasi Kependudukan yang tertib, akurat dan dapat di percaya. (awe)

Artikel ini telah dibaca 10 kali

Baca Lainnya

Temui Menkomarves dan KSAL, Pemkab Sumbawa Matangkan Sail Indonesia 2024

23 Juli 2024 - 14:10 WIB

Distan Sumbawa Usulkan Belasan Ribu Hektar Program Cetak Sawah Baru ke Pusat

17 Juli 2024 - 15:31 WIB

Bupati Kukuhkan Masa Jabatan 8 Tahun 914 BPD se Kabupaten Sumbawa

12 Juli 2024 - 11:49 WIB

Masa Jabatan Kades dan BPD di Kabupaten Sumbawa Diperpanjang

23 Mei 2024 - 10:01 WIB

Bupati Sumbawa Tinjau Kelanjutan Pembangunan Jalan Samota

28 April 2024 - 19:43 WIB

Lomba FBS Tahun 2024 Diikuti 367 Siswa SD dan SMP se Kabupaten Sumbawa

27 April 2024 - 18:50 WIB

Trending di Pemerintahan