Menu

Mode Gelap

Pemerintahan · 22 Feb 2023 14:06 WIB

Empat Kecamatan Dapat Program RST dari Pemerintah Pusat


 Empat Kecamatan Dapat Program RST dari Pemerintah Pusat Perbesar

Sumbawa, dwipamedia.com – Dalam tahun ini, ada rencana Kabupaten Sumbawa diberikan program bantuan Rumah Sejahtera Terpadu (RST) dari Pemerintah Pusat. Bantuan tersebut akan menyasar empat kecamatan yang ada.

“Ada empat kecamatan. Dan masing-masing kecamatan ada satu desa, dan satu desa itu ada 5 KK yang dapat,” kata Kepala Bidang Perlindungan dan Jaminan Sosial Dinas Sosial Kabupaten Sumbawa, Syarifah, kepada wartawan, Rabu 22 Februari 2023.

Sejauh ini, sudah dilakukan assessment bersama tim dari Kementerian Sosial. Sehingga muncullah empat kecamatan tersebut yang mendapatkan program RST, yaitu Kecamatan Utan di Desa Tengah, Kecamatan Sumbawa di Kelurahan Seketeng, Kecamatan Moyo Utara di Desa Songkar, Kecamatan Plampang di Desa Teluk Santong. “Dari hasil assessment tersebut, kami belum mendapatkan informasi layak atau tidak semua rumah-rumah yang telah kita assessment. Karena mereka punya kriteria-kriteria kemiskinan sehingga rumah tersebut bisa dikatakan layak dalam SK Kementerian Sosial,” ujarnya.

Syarifah mengatakan, jika nanti ada rumah yang tidak sesuai dengan kriteria, dipastikan akan gugur, dan digantikan oleh masyarakat lainnya yang masuk dalam kriteria kemiskinan. “Nanti setelah SK datang, barulah pengucuran dana. Kemudian pelaksanaannya bisa dilakukan secara mandiri, bisa juga secara bergotong royong dalam satu desa tersebut,” jelasnya.

Lebih jauh diungkapkan, anggarannya yang diberikan untuk satu KK yaitu Rp 20jt. Dimana itu hanya anggaran material saja, untuk beli bahan bangunan. Ada sekitar 20 rumah yang akan mendapatkan bantuan Rumah Sejahtera Terpadu (RST) dengan proses pengerjaannya kurang lebih selama 90 hari. “Tidak boleh beli snack, apalagi ongkos tukang. Karena itu anggarannya swakelola oleh mereka,” terangnya. (awe)

Artikel ini telah dibaca 75 kali

Baca Lainnya

Temui Menkomarves dan KSAL, Pemkab Sumbawa Matangkan Sail Indonesia 2024

23 Juli 2024 - 14:10 WIB

Distan Sumbawa Usulkan Belasan Ribu Hektar Program Cetak Sawah Baru ke Pusat

17 Juli 2024 - 15:31 WIB

Bupati Kukuhkan Masa Jabatan 8 Tahun 914 BPD se Kabupaten Sumbawa

12 Juli 2024 - 11:49 WIB

Masa Jabatan Kades dan BPD di Kabupaten Sumbawa Diperpanjang

23 Mei 2024 - 10:01 WIB

Bupati Sumbawa Tinjau Kelanjutan Pembangunan Jalan Samota

28 April 2024 - 19:43 WIB

Lomba FBS Tahun 2024 Diikuti 367 Siswa SD dan SMP se Kabupaten Sumbawa

27 April 2024 - 18:50 WIB

Trending di Pemerintahan