Menu

Mode Gelap

Kebudayaan · 25 Mei 2024 19:22 WIB

Raihan Omar Hasani Diangkat Sebagai Datu Rajamuda Kesultanan Sumbawa


 Raihan Omar Hasani Diangkat Sebagai Datu Rajamuda Kesultanan Sumbawa Perbesar

Sumbawa, dwipamedia.com – Cucu dari Sultan Sumbawa DMA Muhammad Kaharuddin IV yakni Raihan Omar Hasani, diangkat sebagai Datu Rajamuda Kesultanan Sumbawa. Pelaksanaan pengangkatan Raihan Omar Hasani yang bergelar Daeng Mas Madina berlangsung pada Senin (27/5/2024) di Istana Dalam Loka.

Beberapa kegiatan adat akan dilangsungkan pada tanggal 27 hingga 29 Mei 2024, guna kesempurnaan prosesi pengangkatan tersebut. Pengangkatan Datu Rajamuda merupakan tindaklanjut dari rekomendasi Mudzakarah Rea Lembaga Adat Tana Samawa (LATS) tahun 2022 yang mememinta kepada Sultan Sumbawa untuk memastikan adanya keberlanjutan Kesultanan Sumbawa dengan menunjuk dan mengangkat calon penerus dimasa yang akan datang.

“Penunjukkan dan pengangkatan Datu Rajamuda Kesultanan Sumbawa adalah hak mutlak dari Sultan Sumbawa,” terang Sekretaris Majelis Adat LATS, Yuli Andari Merdikaningtyas MA didampingi Sekretaris Pajatu Adat LATS, Muhammad Ikraman dan Sekretaris Panitia Pengangkatan Datu Rajamuda Kesultanan Sumbawa, Aminuddin, dalam konferensi pers, Sabtu (25/5/2024).

Lebih jauh dijelaskan, Datu Rajamuda Raihan Omar Hasani merupakan putra pertama, dari putri kedua Sultan DMA Muhammad Kaharuddin, Daeng Sarojinni Naidu yang bergelar Daeng Masugi Ratu Datu Batari Toja yang bersuamikan Sentot Agus Priyanto yang bergelar Daeng Manassa Datu Patarai. Pengabdiannya kepada Kesultanan Sumbawa sebagai Datu Rajamuda akan dibuktikan dengan berkontribusi dalam pemikiran dan kemampuan dalam bekerja bersama-sama dengan LATS dan masyarakat Sumbawa dalam membangun dan mengembangkan adat dan budaya Tau ke Tana Samawa.

“Dia tidak harus tinggal dan menetap di Sumbawa untuk menunjukkan dedikasi dan kontribusinya, karena ia memiliki pekerjaan dan karir di luar Sumbawa, namun ia harus mampu bekerja keras, tidak berhenti belajar tentang adat dan budaya Sumbawa, serta mampu dengan kapasitas yang dimilikinya bekerja bersama-sama dengan LATS untuk memajukan adat dan budaya,” terangnya.

Sementara, Sekretaris Panitia Pengangkatan Datu Rajamuda Kesultanan Sumbawa, Aminuddin berharap, prosesi pengangkatan Datu Rajamuda ini sebagai kegiatan yang bisa dikenang sampai generasi mendatang. Sekaligus menjadi momen sejarah. (awe)

Artikel ini telah dibaca 22 kali

Baca Lainnya

Pengangkatan Datu Rajamuda Kesultanan Sumbawa Berlangsung Khidmat

29 Mei 2024 - 13:43 WIB

Ketua DPRD Sumbawa Siap Support UPT Museum Daerah

30 Oktober 2022 - 16:41 WIB

Bupati Sumbawa Buka Peluncuran Sumbawa Heritage Walk dan Soft Opening Museum Bala’ Datu Ranga

18 Juni 2022 - 10:09 WIB

Trending di Berita Utama