Menu

Mode Gelap

Pemerintahan · 3 Mei 2023 08:04 WIB

Usai Lebaran, Pemda Sumbawa Gelar Halal Bihalal


 Usai Lebaran, Pemda Sumbawa Gelar Halal Bihalal Perbesar

Sumbawa, dwipamedia.com – Pemerintah Kabupaten Sumbawa menggelar acara Halal Bihalal usai Hari Raya Idul Fitri 1444 H / 2023 M. Kegiatan ini mengusung tema “Kita Perkokoh Persatuan, Mempererat Ukhuwah Wathoniyah Menuju Sumbawa Gemilang Yang Berkedaban”.

Hadir dalam kegiatan itu, Bupati dan Wakil Bupati Sumbawa, Anggota DPRD Kabupaten Sumbawa, Anggota Forkopimda, Sekretaris Daerah beserta para Asisten, Pimpinan OPD serta jajarannya, para Camat, Pengasuh Ponpes Dea Malela, Tokoh Agama dan Tokoh Masyarakat. Halal bihalal itu dilaksanakan pada Selasa 2 Mei 2023 di Halaman Kantor Bupati Sumbawa.

Dalam sambutannya, Bupati Sumbawa H Mahmud Abdullah menyampaikan, dalam merayakan Hari Raya Idul Fitri khususnya di Tana’ Samawa, semua masyarakat mengadakan silaturrahim dan halal bihalal yang mengandung maksud saling memaafkan atas segala kesalahan yang pernah dilakukan oleh kedua belah pihak, baik di antara teman sejawat, karib kerabat, maupun antara anak dan orang tua atau dari yang muda kepada yang tua.

Tentu tradisi baik seperti ini perlu terus dilestarikan dan dibudayakan, dalam rangka menjaga hablumminannas, sekaligus untuk lebih memperkokoh kebersamaan dan keharmonisan dalam kehidupan keluarga dan kehidupan bermasyarakat.

Ditempat yang sama Kyai. H. Muhammad Sirajuddin Syamsuddin dalam kegiatan tersebut menyampaikan, jangan menganggap bulan Ramadan berlalu, kemudian amal ibadah juga berlalu. Di Sumbawa, saat Lebaran Idul Fitri ada tradisi ziarah yang memiliki makna mendatangi, yang artinya mendatangi dari rumah ke rumah. Tradisi tersebut wajib di jaga. ‘’Agama Islam untuk menyelamatkan sesama, untuk kita semua dan bukan diri sendiri. Jangan cuma memiliki Islam, tetapi harus menjadi Muslim. Kita harus memperkuat Ukhuwah Islamiah. Islam memiliki peran penting dalam negeri dan yang paling dekat dengan Pancasila adalah Agama Islam,’’ pungkasnya. (awe)

Artikel ini telah dibaca 17 kali

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

Masa Jabatan Kades dan BPD di Kabupaten Sumbawa Diperpanjang

23 Mei 2024 - 10:01 WIB

Bupati Sumbawa Tinjau Kelanjutan Pembangunan Jalan Samota

28 April 2024 - 19:43 WIB

Lomba FBS Tahun 2024 Diikuti 367 Siswa SD dan SMP se Kabupaten Sumbawa

27 April 2024 - 18:50 WIB

Kabupaten Sumbawa Raih Peringkat Empat Nasional dalam Standar Pelayanan Minimal 2024

24 April 2024 - 19:17 WIB

Pelaku Wisata di Sumbawa Diberi Pelatihan Pemasaran Digital Sektor Pariwisata

24 April 2024 - 18:35 WIB

Ratusan PPPK Formasi 2023 Terima SK Pengangkatan

19 April 2024 - 16:30 WIB

Trending di Pemerintahan