Menu

Mode Gelap

Pariwisata · 3 Jul 2023 18:48 WIB

Pemda Sumbawa Puji Keberadaan Destinasi Wisata Ai Poleng


 Pemda Sumbawa Puji Keberadaan Destinasi Wisata Ai Poleng Perbesar

Sumbawa, dwipamedia.com – Kabupaten Sumbawa kini memiliki destinasi wisata baru, yang berlokasi di Desa Kerato Kecamatan Unter Iwes. Lokasi tersebut dinamakan Wisata Ai Poleng. Suasananya sejuk dan indah, sehingga sangat cocok bagi wisata keluarga.

Keberadaan destinasi wisata baru tersebut mendapat sanjungan dari Bupati Sumbawa yang diwakili Asisten Administrasi Umum Sekda Sumbawa, Dirmawan, yang hadir pada pembukaan Wisata Ai Poleng, pada Senin 3 Juli 2023. Dalam kegiatan itu, hadir pula Dandim 1607 Sumbawa, Letkol CZi Eko Cahyo Setiawan, Kepala Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata, Irawan Subekti, Kadis Damkar dan Penyelamatan, H Syahabuddin, Sekdis P2KBP3A, Kabag Organisasi, Camat Unter Iwes, Ketua, Sekretaris dan Anggota PWI Sumbawa, serta lainnya. ‘’Tidak terbayangkan, di Kerato ini ada destinasi wisata baru,’’ tutur Dirmawan dalam sambutannya.

Ia mengaku bangga dengan perubahan lokasi tersebut yang kini sudah semakin ditata dan terlihat lebih cantik. Dimana dulu lokasi itu hanya lembah dan ditumbuhi banyak pohon dan tanaman liar lainnya. Namun saat ini sudah menjadi destinasi wisata keluarga dengan fasilitas yang cukup lengkap. ‘’Dulu ini bukit, banyak tanaman. Sekarang disulap jadi destinasi wisata baru. Lokasinya di lembah Kerato,’’ terangnya.

Sementara, Zainuddin yang mewakili pemilik destinasi Wisata Ai Poleng menjelaskan, di lokasi tersebut selain tersedia beberapa kolam dengan potensi ikan yang lumayan padat, suasananya pun sangat nyaman dan indah, karena didukung panorama yang menarik dan alami. Tak hanya itu, lesehan dengan menu yang menggugah selera, tersedia di destinasi tersebut. ‘’ Untuk saat ini belum semuanya lengkap, karena masih dalam proses pembangunan. Mulai pembangunan kolam renang, penambahan baruga, rumah panggung, dan penataan jalan,’’ ungkap Jen – yang juga Ketua PWI Sumbawa.

Untuk mencapai Wisata Ai Poleng ini sangat mudah. Dari pusat kota hanya membutuhkan waktu tidak lebih dari 5 menit. Saat berada di Kampus Biru Universitas Samawa, hanya butuh waktu 1 menit mencapai destinasi ini. Pengunjung bisa masuk gang di depan kantor BKSDA Sumbawa. Jalannya bagus dan bisa diakses oleh semua jenis kendaraan, termasuk mobil.

Di destinasi Wisata Ai Poleng, lahannya cukup luas sehingga sangat direkomendasikan sebagai tempat camping ground. Tampak juga sejumlah baruga dengan polesan mewah menjadi tempat rehat melepas penat. Ada juga beberapa rumah panggung yang dibuat layaknya villa. Di dekatnya beberapa kolam ikan. Saat ini juga tengah dibangun kolam renang dan diperkirakan akan selesai dalam tahun ini. Yang jelas Ai Poleng Nijang, solusi dalam menghilangkan stres, galau dan cara efektif untuk trauma healing. (awe)

Artikel ini telah dibaca 81 kali

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

Peserta Pelatihan Digital Talent Scholarship Diminta Terus Semangat Berkarya

25 April 2024 - 14:21 WIB

Tingkatkan Kapasitas, Pelaku Wisata Marente Ikuti English For Tourism Workshop

4 Februari 2024 - 13:42 WIB

Petugas Damkartan Sumbawa Evakuasi Ular Kobra di Rumah Warga

8 Januari 2024 - 21:37 WIB

Alumni YSEALI Lolos Pendanaan Project Pengembangan Kapasitas Pelaku Wisata Dari ACYPL

6 Desember 2023 - 14:08 WIB

Mahasiswa KKN Unram Bantu Sukseskan Peresmian Objek Wisata Sintung Park

22 Juli 2023 - 09:42 WIB

Labuhan Ijuk Segera Gelar Bancarera Boat Race, Catat Tanggalnya…!

27 Juni 2023 - 10:33 WIB

Trending di Pariwisata