Menu

Mode Gelap

Pariwisata · 4 Feb 2024 13:42 WIB

Tingkatkan Kapasitas, Pelaku Wisata Marente Ikuti English For Tourism Workshop


 Tingkatkan Kapasitas, Pelaku Wisata Marente Ikuti English For Tourism Workshop Perbesar

Sumbawa, dwipamedia.com – Para pelaku wisata yang ada di Desa Marente Kecamatan Alas mengikuti English For Tourism Workshop, pada Ahad 4 Februari 2024. Kegiatan ini diselenggarakan oleh alumni dari Indonesia yang menerima dana project sebesar 2500 USD dari lembaga American Council of Young Political Leaders (ACYPL). Setelah sebelumnya Ia berpartisipasi dalam Youth South East Asia Leader Initiative Profesional Fellowship Program (YSEALI PFP) yang diselenggarakan oleh lembaga dimaksud.

Kepala Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata (Dispopar) Kabupaten Sumbawa, yang diwakili Kabid Pemasaran Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Andry Agung Dewanto, dalam sambutannya mengaku sangat mengapresiasi dan mendukung kegiatan ini. Apalagi tujuannya sangat baik, yakni meningkatkan kapasitas para pelaku pariwisata di Desa Marente, terutama soal berkomunikasi menggunakan bahasa Inggris. “Kegiatan ini diinisiasi oleh alumni yang didanai oleh Pemerintah Amerika Serikat,” terang Andry yang juga sebagai Project Coordinator dari kegiatan dimaksud.

Dalam workshop itu, pihaknya mengangkat tema “The Village Of Marente”. Dengan menggandeng SpeakUp Sumbawa English Community sebagai mentor dalam kegiatan tersebut. “Kenapa Marente, karena Marente termasuk tiga destinasi teratas yang dikunjungi wisatawan, baik lokal, domestik maupun internasional,” tuturnya.

Ditempat yang sama, Kades Marente khaeruddin menyampaikan terimakasih dan apresiasi kepada penyelenggara, karena telah memilih Desa Marente sebagai lokasi kegiatan. “Kami sangat berterimakasih. Karena disini masih terbatas soal kemampuan bahasa Inggris. Itu kendala yang masih kami hadapi,” ujarnya.

Pihaknya juga memberi semangat kepada para peserta workshop, agar serius mengikuti kegiatan. Karena menurutnya, keberadaan pemandu wisata sangat penting demi majunya pariwisata diwilayah setempat.

Hal senada disampaikan Sekretaris Kecamatan Alas, Ardian Nofiar. Ia berterimakasih kepada semua pihak yang terlibat dalam kegiatan tersebut, baik Dispopar, Pemdes Marente, Pokdarwis, serta lainnya. Diharapkan kegiatan ini bisa berkelanjutan. “Marente salah satu destinasi wisata yang bermanfaat bagi masyarakat. Semoga Marente bisa terus dikembangkan. Juga bisa dibangun sarana yang mendukung pariwisata disini,” pungkasnya. (awe)

Artikel ini telah dibaca 23 kali

Baca Lainnya

Peserta Pelatihan Digital Talent Scholarship Diminta Terus Semangat Berkarya

25 April 2024 - 14:21 WIB

Petugas Damkartan Sumbawa Evakuasi Ular Kobra di Rumah Warga

8 Januari 2024 - 21:37 WIB

Alumni YSEALI Lolos Pendanaan Project Pengembangan Kapasitas Pelaku Wisata Dari ACYPL

6 Desember 2023 - 14:08 WIB

Mahasiswa KKN Unram Bantu Sukseskan Peresmian Objek Wisata Sintung Park

22 Juli 2023 - 09:42 WIB

Pemda Sumbawa Puji Keberadaan Destinasi Wisata Ai Poleng

3 Juli 2023 - 18:48 WIB

Labuhan Ijuk Segera Gelar Bancarera Boat Race, Catat Tanggalnya…!

27 Juni 2023 - 10:33 WIB

Trending di Pariwisata