Menu

Mode Gelap

Pariwisata · 17 Mei 2023 09:28 WIB

Sumbawa Siapkan Belasan Destinasi Bagi Penonton MXGP Samota dan Lombok


 Sumbawa Siapkan Belasan Destinasi Bagi Penonton MXGP Samota dan Lombok Perbesar

Sumbawa, dwipamedia.com – Kabupaten Sumbawa yang berada di Provinsi NTB, memiliki berbagai destinasi wisata yang bisa dikunjungi. Mulai dari wisata budaya, wisata, alam, termasuk wisata pantai. Sehingga bagi para penonton Motocross Grand Prix (MXGP) Samota dan Lombok, yang berasal dari luar daerah, bisa mengunjungi destinasi wisata yang ada.

“Ada belasan destinasi wisata yang Pemerintah Kabupaten Sumbawa telah siapakan. Bagi penonton MXGP Samota yang ingin berwisata baik sebelum dan setelah nonton MXGP Samota,” kata Wakil Bupati Sumbawa, Dewi Noviany, kepada wartawan, Selasa 16 Mei 2023.

Novy, sapaan akrab Wakil Bupati ini menjelaskan, ada 11 obyek wisata yang bisa dikunjungi di Sumbawa yakni, Air Terjun Mata Jitu di Pulau moyo. Hiu Paus atau Whale Shark Teluk Saleh. Kemudian, Pantai Ali Lemak yang berada di dekat lokasi sirkuit MXGP Samota. Memiliki pantai yang bisa menjadi lokasi menanti matahari terbenam atau sunset serta lokasi menyelam Sandro Pole yang berada di sekitar pantai Ai Lemak dengan pemandangan bawah laut yang indah

Selanjutnya wisata alam di Desa Semongkat Batu Lanteh. Dimana wisatawan bisa menikmati udara sejuk dan mandi di sungai dengan air yang dingin dan jernih. Wisatawan juga bisa berburu madu asli sumbawa di Desa Batu Dulang.

Untuk wisata budaya, para wisatawan bisa mengunjungi Istana Dalam Loka, Istana Bala Kuning tempat tinggal Sultan, dan Istana Bala Putih. ‘’Wisatawan bisa mengunjungi beberapa bangunan bersejarah dan melihat langsung barang barang milik Kesultanan Sumbawa yang disimpan di istana,’’ terangnya.

Kemudian pembuatan kain tenun di Desa Poto dan Semeri, Moyo Hilir. Wisatawan bisa melihat langsung proses pembuatan kain tenun yang dibuat oleh warga setempat. Desa Wisata Prajak dan Pulau Bungin, lokasi wisata  kuliner ikan laut segar dengan sensasi makan di atas keramba dengan ikan segar. Serta Karapan Kerbau dan Main Jaran (Pacuan Kuda). “Kita sudah berbicara dan kerjasama dengan beberapa artis papan atas seperti Baim Wong, Asri Welas untuk membantu promosi wisata ini terutama jelang perhelatan MXGP Samota 2023,” pungkasnya. (dmn)

Artikel ini telah dibaca 12 kali

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

Peserta Pelatihan Digital Talent Scholarship Diminta Terus Semangat Berkarya

25 April 2024 - 14:21 WIB

Tingkatkan Kapasitas, Pelaku Wisata Marente Ikuti English For Tourism Workshop

4 Februari 2024 - 13:42 WIB

Petugas Damkartan Sumbawa Evakuasi Ular Kobra di Rumah Warga

8 Januari 2024 - 21:37 WIB

Alumni YSEALI Lolos Pendanaan Project Pengembangan Kapasitas Pelaku Wisata Dari ACYPL

6 Desember 2023 - 14:08 WIB

Mahasiswa KKN Unram Bantu Sukseskan Peresmian Objek Wisata Sintung Park

22 Juli 2023 - 09:42 WIB

Pemda Sumbawa Puji Keberadaan Destinasi Wisata Ai Poleng

3 Juli 2023 - 18:48 WIB

Trending di Pariwisata