Menu

Mode Gelap

Kesehatan · 12 Jan 2023 20:40 WIB

Menko PMK Apresiasi Pemda Sumbawa Percepat Penanganan Stunting


 Menko PMK Apresiasi Pemda Sumbawa Percepat Penanganan Stunting Perbesar

Sumbawa, dwipamedia.com – Pemerintah Kabupaten Sumbawa mendapat apresiasi dari Menteri Koordinator bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan RI, Muhadjir Effendy. Terutama dalam hal penanganan stunting.

Menko Muhadjir melakukan kunjungan kerja ke Kabupaten Sumbawa pada Kamis 12 Januari 2023. Kehadirannya disambut Bupati Sumbawa, H. Mahmud Abdullah, Wakil Bupati Sumbawa, Hj. Dewi Noviany, Ketua DPRD Sumbawa, Anggota Forkopimda, Asisten Sekda, Kepala Perangkat Daerah, serta lainnya.

Sejumlah fasilitas pendidikan dan kesehatan dikunjungi. Termasuk ke Desa Labuhan Sumbawa Kecamatan Labuhan Badas yang menjadi salah satu lokus stunting di Kabupaten Sumbawa tahun 2023, dengan jumlah keluarga berisiko stunting mencapai 861.

Menko Muhadjir berkesempatan untuj berdialog dengan sejumlah keluarga berisiko stunting dan terindikasi mengalami kemiskinan ekstrem. Selain berdialog, Ia juga menyerahkan sejumlah bantuan.

Dikatakan, kondisi stunting di Kabupaten Sumbawa masih termasuk tinggi. Namun Ia mengapresiasi berbagai langkah dan upaya yang dilakukan Pemerintah Daerah bersama dengan Pemerintah Desa dan warga masyarakat untuk mempercepat penanganan stunting yang telah dilaksanakan dengan cukup baik. Menurutnya target penurunan stunting secara nasional yang ditetapkan Presiden RI sebesar 14 persen, diharapkan juga bisa tercapai di Kabupaten Sumbawa.

Sebelumnya, Menko PMK bersama rombongan sempat mengunjungi Puskesmas Kerato Kecamatan Unter Iwes. Ia mengecek pemanfaatan bantuan alat USG yang sudah tersebar di Puskesmas-Puskesmas seluruh Indonesia, terutama yang digunakan untuk mendeteksi keadaan janin para ibu hamil dalam program cegah stunting. “Dengan adanya bantuan alat USG ini para Dokter di Kabupaten Sumbawa dapat lebih mudah mengetahui kondisi janin seperti panjang janin, diameter kepala, dan mengetahui potensi janin gagal tumbuh serta apakah adanya potensi stunting,” tuturnya. (pkp)

Artikel ini telah dibaca 8 kali

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

RS Apung PDIP Laksanakan Pengobatan Gratis di Sumbawa

14 Desember 2023 - 17:34 WIB

Peringati HKN ke 59, Ketua Rafiq Ajak Masyarakat Hidup Sehat

19 November 2023 - 14:01 WIB

Tingkatkan Mutu Pelayanan, Puskesmas Alas Barat Siap Reakreditasi

7 November 2023 - 17:13 WIB

Dislutkan NTB Sosialisasikan Dampak Penggunaan Kompresor di Gili Tapan

1 November 2023 - 11:28 WIB

Kunjungi SDN Kerekeh, BNNK Sumbawa Sosialisasikan Bahaya Narkoba

21 September 2023 - 11:09 WIB

Warga Kalimango Diberi Pemahaman Soal P4GN

20 September 2023 - 18:47 WIB

Trending di Kesehatan