Menu

Mode Gelap

Desa · 3 Mar 2022 17:31 WIB

Dukung Penguatan Potensi Desa, Samawa Islam Transformatif Gelar FGD di Desa Kerekeh


 Dukung Penguatan Potensi Desa, Samawa Islam Transformatif Gelar FGD di Desa Kerekeh Perbesar

dwipamedia.com Samawa Islam Transformatif (SIT) bekerjasama dengan B-Trust, KPRI dan Pemerintah Desa Kerekeh Kecamatan Unter Iwes menggelar kegiatan Koordinasi dan Fokus Diskusi Group Pemetaan Potensi Desa Kerekeh, pada hari Kamis (03/03/2022) bertempat di Aula Pertemuan Desa Kerekeh.

Hadir pada pertemuan tersebut, antara lain Kepala Dinas PMD Kabupaten Sumbawa, Camat Unter Iwes, Sekretaris Desa Kerekeh, Ketua BPD Desa Kerekeh, para kepala Dusun dan peserta FGD.

Ketua Badan Pengurus Lembaga Samawa Islam Transformatif (SIT) Muhazi Ramadhan menyampaikan bahwa kegiatan Koordinasi dan FGD Potensi Desa Kerekeh ini, adalah lanjutan kegiatan yang telah dilaksanakan sebelumnya bersama B-Trust dan KPRI. Desa Kerekeh adalah salah satu Desa pilot yang telah dikerjasamakan antara Pemkab Sumbawa dengan B-Trust, selain Desa Ngeru Kecamatan Moyo Hilir dan Desa Lab. Jambu Kecamatan Tarano.

Lebih lanjut, Muhazi mengatakan bahwa Samawa Islam Transformatif adalah Civil Society Organization (CSO) yang berkonsentrasi melakukan pendampingan pemberdayaan masyarakat di Desa Kerekeh Kecamatan Unter Iwes.

Sementara itu, Kepala Dinas PMD Kabupaten Sumbawa Rachman Ansori menyampaikan paparan tentang Implementasi SDG’s Desa dalam mendorong Ekonomi Masyakarat.  SDG’s Desa merupakan role pembangunan berkelanjutan yang masuk dalam program prioritas penggunaan Dana Desa. SDG’s adalah konsep pembangunan berkelanjutan secara global yang merupakan kelanjutan dari MDG’s.

“Pada dasarnya SDG’s yang terdiri dari 18 tujuan dan sasaran pembangunan berkelanjutan, secara nyata telah dilaksanakan oleh masyarakat dan Pemerintah Desa. Namun, saat ini kegiatan-kegiatan yang ada di Desa kemudian dipetakan dan dikelompokkan dalam 18 elemen tersebut”, papar Ansori.

Terkait dengan pemberdayaan ekonomi masyarakat, khususnya dalam rangka rencana pembentukan Koperasi Ibu-ibu di Dusun Sampa dan Ai Ngelar, Ansori mengharapkan B-Trust maupun SIT memfokuskan pada kelembagaan yang mantap, sebagai implementasi SDG’s 18 yaitu Kelembagaan Desa Dinamis dan Budaya Desa Adaptif. Dengan kelembagaan Koperasi yang mantap, diyakini akan memunculkan performa koperasi yang kuat, terpercaya dan transparan yang pada akhirnya akan meningkatkan kesejahteraan bersama di Desa khususnya yang dimotori oleh aktivitas Ibu-ibu.

“Terlebih sebentar lagi, kita akan menyongsong event Festival Pesona Moyo 2022 sebagai rangkaian dari event internasional MXGP Samota 2022, mari kita bergegas bersama-sama”, ajak Ansori kepada seluruh peserta FGD.

Pada kesempatan tersebut, Camat Unter Iwes Nawawi menyampaikan penghargaan kepada SIT maupun B-Trust yang telah memilih Desa Kerekeh Kecamatan Unter Iwes dalam upaya implementasi SDG’s guna memberdayakan masyarakat desa. “Kerekeh adalah salah satu desa yang memiliki potensi yang besar untuk dikembangkan, terlebih posisi Desa Kerekeh sebagai salah satu desa penyanggah Kota Sumbawa Besar”, pungkas Nawawi. (ans)

Artikel ini telah dibaca 52 kali

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

Masa Jabatan Kades dan BPD di Kabupaten Sumbawa Diperpanjang

23 Mei 2024 - 10:01 WIB

Pemdes Marente Usulkan Penanganan Jalan Hingga ke Matemega

4 Februari 2024 - 14:22 WIB

DAS Batulanteh Ditanami 1500 Bibit Pohon

30 Januari 2024 - 16:42 WIB

Bupati Sumbawa Dorong Peningkatan Pengelolaan dan Promosi Desa Wisata

11 Maret 2022 - 04:24 WIB

Trending di Desa