Menu

Mode Gelap

Pendidikan · 3 Sep 2023 08:22 WIB

Mahasiswa KKL UNSA Adakan Pengenalan dan Pelatihan Software Hardware di SDN Pemasar


 Mahasiswa KKL UNSA Adakan Pengenalan dan Pelatihan Software Hardware di SDN Pemasar Perbesar

Sumbawa, dwipamedia.com – Bertempat di SD Negeri Pemasar dalam rangka melaksanakan program kerja Budaya dan Literasi Digital, Mahasiswa KKL Kelompok 10 Desa Pamasar Universitas Samawa (UNSA) adakan kegiatan Pengenalan Software Hardware dan Pelatihan Penggunaan Gadget Dalam Kehidupan Sehari-hari, Sabtu (2/9/2023) dibawah bimbingan dosen pembimbing lapangan (DPL) Asrul Hamdani.

Kondisi di lapangan saat ini banyak dari sebagian masyarakat yang masih belum mengenal  teknologi digital karena berbagai faktor, mulai dari tidak meratanya akses teknologi maupun karena kurangnya edukasi. Hal tersebutlah yang mendorong Kelompok 10 KKL UNSA untuk membuat program pelatihan literasi digital untuk jenjang SD.

Mereka memilih siswa kelas 5 dan 6 SD sebagai sasaran dalam pelatihan. Karena siswa sangat tertarik dengan teknologi digital sehingga mereka lebih mudah dalam mempelajarinya. Pelatihan ini lebih berfokus dalam pengenalan Software dan Hardware. Pelatihan literasi digital ini diisi dengan penjelasan materi mengenai penggunaan laman/website untuk mengakses Buku Pelajaran secara online dan pengenalan perangkat lunak (software) berupa aplikasi yang sering diakses dan perangkat  keras (hardware).

Dalam pemaparannya, pemateri pertana Dosen Unsa, Juanda menjelaskan, materi edukasi untuk siswa-siswi tentang penggunaan gadget yang baik disertai dengan praktik cara mengakses laman/website untuk buku pelajaran secara online dan website edukatif lainnya.

Pemateri kedua, Mahasiswa Unsa, Isro Sujain Billah membahas mengenai pengenalan perangkat yang ada di komputer dan gadget sebagai pengetahuan umum agar mereka tahu tentang manfaat teknologi yang mereka gunakan. Ia juga menjelaskan pengertian dan contoh dari perangkat perangkat lunak (software) dan perangkat keras (hardware).

Siswa siswi SD Negeri Pemasar merespon dengan baik adanya pelatihan literasi digital ini. Materi yang disampaikan oleh kedua pemateri disimak dengan baik oleh para peserta. Mereka juga antusias serta berpartisipasi aktif dalam sesi praktik pengoperasian gadget dan menjawab kuis dari pemateri.

Okky Defiany selaku Ketua Panitia mengatakan, kegiatan pengenalan dan pelatihan ini dilaksanakan berkaitan dengan tema yang telah diberikan oleh kampus yaitu Pengembangan Potensi Desa Melalui Pemberdayaan Masyarakat Pada Era Digital, dengan salah satu program unggulan yaitu Literasi dan Budaya Digital.

Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan pengetahuan dan pemahaman siswa-siswi mengenai penggunaan gadget yang baik dan benar. Berharap agar pelatihan ini dapat memberikan pemahaman kepada siswa-siswi SDN Pemasar dalam mengenal dan mengakses laman belajar online. “Kami berharap kegiatan pelatihan ini dapat membantu siswa siswi belajar tentang penggunaan gadget yang baik dan benar, menggunakan gadget sesuai dengan kebutuhan dan usianya mengingat bahaya penggunaan gadget secara berlebihan,” harap Okky

Untuk diketahui, KKL UNSA Desa Pemasar, Kecamatan Maronge ini, diketuai oleh Isro Sujain Billah Mahasiswa Fakultas Pertanian, serta anggota-anggotanya yaitu, Okky Defiany (FKIP), Ilmansyah (Fakultas Pertanian), Karina (Fakultas Ekonomi dan Manajemen), Kiki Azurawati (Fakultas Ekonomi dan Manajemen), Yuda Krisna (Fakultas Hukum), Wahyu Fahrozi (Fakultas Peternakan dan Perikanan).

Kemudian, Faesal Armansyah (Fakultas Peternakan dan Perikanan), Sahoda Kirana (Fakultas Ekonomi dan Manajemen), Fitri Ardianti (Fakultas Ekonomi dan Manajemen), Fita Apriani (Fakultas Ekonomi dan Manajemen, Laela Febri Dwianti (Fakultas Ekonomi dan Manajemen), Riska (Fisipol), dan Fitri Riski Sakinah (Fisipol). (dmn)

Artikel ini telah dibaca 93 kali

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

LCCM Tingkat Kabupaten Sumbawa Diikuti 16 Sekolah, SMPN 1 Sumbawa Jadi Juara

21 Mei 2024 - 11:51 WIB

Ratusan Siswa SMP Negeri 1 Sumbawa Ikuti Pesantren Kilat Ramadhan

3 April 2024 - 14:10 WIB

Pelaksanaan SYAS 2023 di Kabupaten Sumbawa Berlangsung Sukses

8 Oktober 2023 - 12:16 WIB

Empat Atlet Sumbawa Ikut O2SN Tingkat Nasional

12 September 2023 - 18:48 WIB

Mahasiswa KKL Unsa Beri Pemahaman ke Warga Pungkit Beru Soal Stunting

7 September 2023 - 14:14 WIB

Mahasiswa KKN Unsa Gelar Pelatihan Manajemen Budidaya Ternak dan Pembuatan Jamur Media Tongkol Jagung

7 September 2023 - 11:40 WIB

Trending di Pendidikan