Menu

Mode Gelap

Pemerintahan · 14 Mar 2023 13:52 WIB

Dinas Sosial Sumbawa Minta Warga Agar Tidak Layani Gepeng


 Dinas Sosial Sumbawa Minta Warga Agar Tidak Layani Gepeng Perbesar

Sumbawa, dwipamedia.com – Meminimalisir menjamurnya gelandang dan pengemis (Gepeng) yang datang dari luar daerah ke Kabupaten Sumbawa. Masyarakat diminta agar tidak melayani pengemis yang datang untuk meminta sedekah.

Kepala Dinas Sosial Sumbawa, Abu Bakar mengatakan, sebagian besar gepeng yang ada di Sumbawa ini adalah pendatang. “Selama ini gepeng yang berasal dari kabupaten Sumbawa hanya satu. Selebihnya diluar kabupaten Sumbawa,” ujar Kadis saat ditemui, Selasa 14 Maret 2023.

Dinas Sosial akan memberikan pembinaan terhadap gelandangan dan pengemis serta anak jalanan yang ada di kabupaten Sumbawa. Sehingga pihaknya mengimbau warga agar tidak melayani peminta-minta, terutama di tempat umum. “Kalau misalnya yang asal khusus dalam wilayah pulau Sumbawa kami akan antar ke daerah asalnya. Kemudian kalau yang asalnya dari luar pulau Sumbawa, kami titip lewat bus untuk dipulangkan,” jelasnya.

Ia juga mengatakan, salah satu persoalan mengapa banyak gepeng pendatang di Sumbawa ini karena warga Sumbawa memiliki rasa kepedulian yang tinggi. “Kami mendapatkan informasi, ada gepeng yang biasa di depan Roberto itu penghasilanya sehari kurang lebih Rp 300 ribu,” ungkapnya.

Kepala Dinas Sosial Kabupaten Sumbawa juga menyebutkan bahwa ini membutuhkan penanganan bersama yang serius dari semua pihak. “Pernah kami mengirim yang lansia pulang ke daerah asal, kemudian tiga hri setelah itu kami temukan dia kembali. Ternyata selama di daerah asal, dia nangis terus. Setelah kami telusuri, ternyata penghasilannya disana lebih sedikit dibandingkan di Sumbawa ini,” jelasnya. (irm)

Artikel ini telah dibaca 23 kali

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

Masa Jabatan Kades dan BPD di Kabupaten Sumbawa Diperpanjang

23 Mei 2024 - 10:01 WIB

Bupati Sumbawa Tinjau Kelanjutan Pembangunan Jalan Samota

28 April 2024 - 19:43 WIB

Lomba FBS Tahun 2024 Diikuti 367 Siswa SD dan SMP se Kabupaten Sumbawa

27 April 2024 - 18:50 WIB

Kabupaten Sumbawa Raih Peringkat Empat Nasional dalam Standar Pelayanan Minimal 2024

24 April 2024 - 19:17 WIB

Pelaku Wisata di Sumbawa Diberi Pelatihan Pemasaran Digital Sektor Pariwisata

24 April 2024 - 18:35 WIB

Ratusan PPPK Formasi 2023 Terima SK Pengangkatan

19 April 2024 - 16:30 WIB

Trending di Pemerintahan