Menu

Mode Gelap

Pendidikan · 21 Mei 2024 11:51 WIB

LCCM Tingkat Kabupaten Sumbawa Diikuti 16 Sekolah, SMPN 1 Sumbawa Jadi Juara


 LCCM Tingkat Kabupaten Sumbawa Diikuti 16 Sekolah, SMPN 1 Sumbawa Jadi Juara Perbesar

Sumbawa, dwipamedia.com – Lomba Cerdas Cermat Museum (LCCM) Tingkat Kabupaten Sumbawa Tahun 2024, terlaksana pada Selasa (21/5/2024). Kegiatan yang digelar oleh Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Kabupaten Sumbawa melalui UPT Museum Daerah Sumbawa ini, diikuti 16 Sekolah Menengah Pertama (SMP) dari berbagai Kecamatan.

Dalam sambutannya, Sekreraris Dinas Dikbud Sumbawa Sudarli mengatakan, LCCM digelar untuk memupuk rasa cinta tanah air melalui sejarah dan budaya. Khususnya memberikan pengetahuan tentang peranan museum kepada generasi muda. Materi yang disampaikan pada LCCM ini berhubungan dengan sejarah, baik itu sejarah kebudayaan, sejarah kebangsaan, kemudian tentang museum, tentang sejarah NTB, serta lainnya. “Mari kemudian rasa cinta ini kita pupuk bersama, cintai sejarah ini untuk kita perkuat kembali. Ini merupakan jati diri kita juga tau dan tana samawa,” tuturnya.

Dijelaskan, LCCM Tahun ini diikuti oleh siswa siswi SMP dari 16 Kecamatan. Yang berhasil menjadi juara 1 dan 2 akan mengikuti lomba serupa di tingkat Pulau Sumbawa dan tingkat Provinsi NTB. “Bukan hanya persoalan anak-anak kita bersaing di tingkat Kabupaten lalu ke tingkat Pulau Sumbawa dan NTB hingga Nasional. Tetapi bagaimana kemudian kita melahirkan rasa cinta kepada generasi kita terhadap sejarah. Bangsa yang besar,  bangsa yang menghormati sejarahnya,” terangnya.

Melalui LCCM ini, para pelajar diharapkan dapat meningkatkan kompetensi diri. Termasuk dapat mengolah emosional, bersaing, dan rasa sabar. “Ini adalah bagian dari karakter selain kompetensi tadi. Banyak hal yang bisa kita ambil dari proses ini. Kita berharap tahun depan proses ini diikuti oleh seluruh kecamatan,” pungkasnya.

Juara LCCM Tingkat Kabupaten Sumbawa Tahun 2024

SMP Negeri 1 Sumbawa berhasil meraih juara pertama pada LCCM tahun 2024 tingkat SMP se-Kabupaten Sumbawa. Kemudian juara kedua diraih SMPN 1 Utan, disusul SMPN 1 Moyo Hulu diposisi ketiga, dan SMPN 1 Moyo Utara diperingkat empat. Para juara ini masing-masing mendapatkan piala, uang pembinaan dan sertifikat.

Kepala UPT Museum Daerah Sumbawa Ivonie Septiyanti  menyebutkan, dari hasil LCCM tingkat Kabupaten Sumbawa ini diambil dua tim yaitu juara satu SMPN 1 Sumbawa dan juara dua SMPN 1 Utan. Kedua sekolah ini akan mewakili Kabupaten Sumbawa di tingkat Pulau Sumbawa. Kemudian juara se-Pulau Sumbawa nantinya akan mengikuti LCCM tingkat Provinsi NTB dan selanjutnya ke tingkat nasional. “Kami berharap Sumbawa dapat meningkatkan prestasi. Sebab SMP Negeri 1 Sumbawa selama beberapa tahun secara berturut-turut pernah mewakili Provinsi NTB ke tingkat nasional,” terangnya. (awe)

Artikel ini telah dibaca 11 kali

Baca Lainnya

Ratusan Siswa SMP Negeri 1 Sumbawa Ikuti Pesantren Kilat Ramadhan

3 April 2024 - 14:10 WIB

Pelaksanaan SYAS 2023 di Kabupaten Sumbawa Berlangsung Sukses

8 Oktober 2023 - 12:16 WIB

Empat Atlet Sumbawa Ikut O2SN Tingkat Nasional

12 September 2023 - 18:48 WIB

Mahasiswa KKL Unsa Beri Pemahaman ke Warga Pungkit Beru Soal Stunting

7 September 2023 - 14:14 WIB

Mahasiswa KKN Unsa Gelar Pelatihan Manajemen Budidaya Ternak dan Pembuatan Jamur Media Tongkol Jagung

7 September 2023 - 11:40 WIB

Mahasiswa KKL UNSA Adakan Pengenalan dan Pelatihan Software Hardware di SDN Pemasar

3 September 2023 - 08:22 WIB

Trending di Pendidikan