Menu

Mode Gelap

Olahraga · 7 Nov 2023 16:21 WIB

Rakerkab KONI Hasilkan Rekomendasi Penting untuk Kemajuan Olahraga Sumbawa


 Rakerkab KONI Hasilkan Rekomendasi Penting untuk Kemajuan Olahraga Sumbawa Perbesar

Sumbawa, dwipamedia.com – Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Sumbawa sukses menggelar Rapat Kerja Kabupaten (Rakerkab) bersama pengurus Cabor pada Selasa 7 November 2023, di Padepokan Beladiri KONI Sumbawa.

Sejumlah rencana strategis dan kesepakatan telah dibahas dalam rapat tersebut, yang memfokuskan perhatian pada pengembangan cabang olahraga di Kabupaten Sumbawa. “Alhamdulillah tadi dinamika yang terjadi di raker, usulan usulan yang konstruktif, tentu dengan semangat bagaimana membangun olahraga di Kabupaten Sumbawa ini,” kata Ketua KONI Sumbawa, Abdul Rafiq, kepada wartawan usai kegiatan.

Dari raker tersebut, ada beberapa rekomendasi yang dihasilkan yakni pembinaan atlet yang berkelanjutan, seperti try out, pelatihan pelatih, pelatihan wasit dan pelatihan juri.

Tekait adanya rencana penambahan cabor, kata Rafiq, hasil Porprov lalu menjadi evaluasi. “Medali yang didapatkan wajib kita pertahankan kalau perlu kita tingkatkan.  Disamping skenario penambahan cabor cabor baru yang perpeluang dan berpotensi mendulang emas. Sehingga target di tahun 2026 itu melampaui perolehan emas di 2023 kemarin,” tegas Rafiq, yang juga Ketua DPRD Kabupaten Sumbawa.

“Kemudian, kita akan melaksanakan event Porkab pada Mei 2024 melibatkan 24 kecamatan dan mengikuti regulasi porprov, kita akan desain sedemkian rupa InsyaAllah beda dengan Porkab sebelumnya,” tuturnya.

Diungkapkan, beberapa hasil kesepakatan antara pengurus KONI dan Cabor yang hadir di rapat tersebut melibatkan beberapa aspek kunci. Bantuan dana pembinaan dalam upaya mendukung perkembangan cabang olahraga di Sumbawa, pengurus KONI Sumbawa berkomitmen untuk memberikan bantuan dana pembinaan kepada setiap cabang olahraga yang membutuhkan.

Hal ini, lanjut Rafiq, bertujuan untuk memfasilitasi pelatihan dan persiapan atlet-atlet lokal dalam menghadapi kompetisi tingkat nasional dan internasional. “Kita juga ada sloga baru dari hasil rakerkab ini, yakni dari Sumbawa untuk NTB, untuk Indomesia dan untuk Dunia,” ujarnya.

Usulan lain adalah pembangunan fasilitas olahraga adalah salah satu langkah penting dalam meningkatkan kualitas olahraga di Sumbawa adalah dengan membangun fasilitas yang memadai.

Oleh karena itu, dalam rapat tersebut, diputuskan untuk memprioritaskan pembangunan fasilitas bagi beberapa cabang olahraga termasuk fasilitas renang dan sirkuit. “Ini diharapkan akan memberikan tempat yang lebih baik bagi atlet untuk berlatih dan mengembangkan bakat mereka,” pungkasnya. (awe)

Artikel ini telah dibaca 34 kali

Baca Lainnya

Belasan Atlet Taekwondo Dojang Patriot TC Siap Bertarung di Bali

23 Juli 2024 - 20:45 WIB

Ketua dan Pengurus KONI Kunjungi Atlet Pelatda PON NTB Asal Sumbawa

17 Mei 2024 - 20:50 WIB

Evaluasi Akhir Tahun, KONI Sumbawa Persiapkan Agenda 2024

28 Desember 2023 - 16:54 WIB

Zhe Atlet Panjat Tebing Sumbawa Ikuti Seleksi PPLP NTB 2023

19 Desember 2023 - 09:55 WIB

Ketua KONI Optimis Lima Cabor PON Dipertandingkan di Sumbawa

6 Desember 2023 - 16:10 WIB

Persiapan PON 2028, KONI Pusat Monev ke Sumbawa

6 Desember 2023 - 16:02 WIB

Trending di Olahraga