Menu

Mode Gelap

Olahraga · 27 Agu 2023 08:45 WIB

Ketua KONI Sumbawa Dorong Cabor Basket Raih Prestasi


 Ketua KONI Sumbawa Dorong Cabor Basket Raih Prestasi Perbesar

Sumbawa, dwipamedia.com – Persatuan Bola Basket Seluruh Indonesia (Perbasi) Sumbawa menggelar kompetisi bola basket Perbasi Cup 2023 se Kabupaten Sumbawa. Kegiatan berlangsung meriah, mulai 13 hingga 26 Agustus 2023, di GOR Mampis Rungan.

Ketua KONI Kabupaten Sumbawa, Abdul Rafiq dalam sambutannya pada acara penutupan, mengapresiasi terselenggaranya kompetisi dimaksud. Ia mendorong agar Perbasi Sumbawa untuk intens menggelar kompetisi. Ini dilakukan guna meningkatkan prestasi cabor basket di Kabupaten Sumbawa. “Saya memberikan apresiasi kepada Perbasi atas terselenggaranya kegiatan ini. Karena tanpa kompetisi, maka semua akan sia-sia,” jelas Rafiq.

Menurutnya, pembinaan terhadap atlet tidak akan maksimal, jika tidak dibarengi dengan adanya kompetisi. Selain itu, para pelatih juga didorong untuk terus meningkatkan kompetensinya. “Pembinaan tidak akan berjalan tanpa adanya kompetisi. Untuk itu kami dari KONI mendorong agar Perbasi mengadakan kompetisi tiap tahun,” tukasnya.

Dalam kesempatan itu, Ketua KONI menantang Perbasi Sumbawa mengadakan kejuaraan basket se Pulau Sumbawa tahun 2024. Bahkan bila perlu, lanjut Rafiq, Perbasi bisa mengadakan kejuaraan basket se Provinsi NTB. “Tahun depan adakan kejuaraan basket se Pulau Sumbawa tingkat pelajar. Bila perlu se Provinsi NTB. KONI akan mensupport dari anggaran,” tegas Rafiq yang juga Ketua DPRD Sumbawa.

Tantangan selanjutnya yang diberikan Ketua KONI kepada Perbasi yakni bisa menunjukkan prestasi, minimal menjadi juara satu tingkat Provinsi NTB. “Saya akui ini tidak mudah. Untuk itu pembinaan harus dilakukan, begitu juga kompetisi, uji tanding, pelatih harus ditingkatkan komepetensinya. KONI akan melaksanakan itu semua. Dan siap menjadi bapak bagi semua cabor,” tutur Rafiq.

Ia juga mengucapkan selamat bagi para pemenang pada kompetisi tersebut. Diharapkan agar tetap mampu mempertahankan prestasinya itu, bila perlu hingga ke level yang lebih tinggi. Sementara bagi yang belum juara, diharapkan pula untuk terus meningkatkan kemampuan bermain, sehingga hasilnya kedepan bisa lebih baik lagi.

Sementara, Wakil Ketua Perbasi Sumbawa, Wawan mengungkapkan, tujuan diselenggarakan kompetisi bola basket Perbasi Cup 2023 ini untuk menjaring bibit-bibit pebasket Kabupaten Sumbawa. Sehingga kedepan bisa bersaing dengan daerah lain, baik ditingkat Provinsi maupun Nasional.

Kegiatan ini diikuti oleh 29 tim, yang terbagi dalam kategori umum 17 tim, SMA Putra 7 tim, dan SMA Putri 5 tim.

Untuk kategori umum, dimenangkan oleh tim UAG, yang mampu mengalahkan tim Blue Strike di babak final. Kemudian kategori SMA Perempuan dimenangkan tim dari SMAN 2 Sumbawa, yang mampu mengalahkan tim dari SMAN 1 Sumbawa. Kemudian untuk kategori SMA Putra, dimenangkan tim dari SMAN 1 Sumbawa dengan point 48, dan mengalahkan tim SMAN 2 Sumbawa dengan raihan 37 point.

Dalam kegiatan itu, Ketua KONI Sumbawa, Abdul Rafiq, bersama Sekretaris H Yudi Patria Negara, dan Kabid Organisasi Amiruddin, berkesempatan menyerahkan piala dan piagam kepada tim pemenang dari kompetisi Perbasi Cup 2023 tersebut. Hadir pula Kabid Humas KONI Sumbawa Abet Kamaruddin, yang turut foto bersama pemenang kompetisi dari kategori umum. (awe)

Artikel ini telah dibaca 31 kali

Baca Lainnya

Ketua dan Pengurus KONI Kunjungi Atlet Pelatda PON NTB Asal Sumbawa

17 Mei 2024 - 20:50 WIB

Evaluasi Akhir Tahun, KONI Sumbawa Persiapkan Agenda 2024

28 Desember 2023 - 16:54 WIB

Zhe Atlet Panjat Tebing Sumbawa Ikuti Seleksi PPLP NTB 2023

19 Desember 2023 - 09:55 WIB

Ketua KONI Optimis Lima Cabor PON Dipertandingkan di Sumbawa

6 Desember 2023 - 16:10 WIB

Persiapan PON 2028, KONI Pusat Monev ke Sumbawa

6 Desember 2023 - 16:02 WIB

Pengurus Igornas Sumbawa 2022 – 2026 Dikukuhkan

5 Desember 2023 - 15:18 WIB

Trending di Olahraga