Sumbawa, dwipamedia.com – Mahasiswa KKL Universitas Samawa (Unsa) Posko 16 Desa Batu Bangka, melakukan observasi terkait kecakapan membaca di SD Negeri Batu Bangka Kecamatan Moyo Hilir. Hasilnya ditemukan ada beberapa siswa yang masih kurang fasih dalam membaca.
Menindaklanjuti hasil observasi tersebut, Mahasiswa KKL Unsa mencoba menggagas sebuah program “Melek Literasi” yang dijalankan di Sekolah setempat. Untuk menumbuhkan kecintaan siswa dalam membaca serta meningkatkan kemampuan membaca siswa. Program ini dijalankan selama 3 minggu lamanya.
Kepala SD Negeri Batu Bangka, Hidayati mengaku sangat mengapresiasi kegiatan yang diinisiasi Mahasiswa KKL tersebut. “Kami sebagai pihak sekolah sangat mengapresiasi kegiatan yang dilakukan oleh mahasiswa KKL Universitas Samawa, karena dengan adanya kedatangan mereka anak-anak menjadi semangat dengan adanya orang baru”, ujar Hidayati, Jumat (11/8/2023).
Lebih jauh diungkapkan, Kurikulum yang digunakan sekolah-sekolah sekarang yaitu kurikulum merdeka. Yang mana mengharuskan semua siswa, baik dia memahami seluruh atau materi yang diberikan, maka siswa tersebut tetap naik kelas.
Ia pun menegaskan, tidak ada siswa yang buta huruf di sekolahnya. Hanya saja ada beberapa siswa yang masih kesulitan menyambut suku kata. “Untuk siswa yang buta huruf bisa dikatakan tidak ada, akan tetapi untuk menyambut suku kata mereka masih kesulitan,” tegasnya.
Pihak sekolah sangat berharap dengan adanya program ini, minimal terdapat sedikit perubahan membaca bagi para siswa tersebut. “Semoga dengan adanya program literasi yang dilaksanakan oleh mahasiswa KKL Universitas Samawa ini, kami harap bisa menjadi semangat siswa, sehingga mereka dapat termotivasi untuk mau membaca dengan tekun,” tuturnya.
Kegiatan “Melek Literasi” ini dilakukan setiap pagi dengan dua pembagian kelas, yang dikhususkan bagi 15 siswa yang masih kurang fasih dalam membaca. Tidak hanya kegiatan membaca saja yang dilakukan. Untuk menghindari tasa bosan yang timbul dalam diri siswa saat melakukan pembelajaran, diselingi dengan game-game edukatif yang dapat membangkitkan semangat belajar siswa. (dmn)