Menu

Mode Gelap

Pendidikan · 10 Agu 2023 09:59 WIB

Mahasiswa KKL Unsa Gelar Seminar UMKM Digital di Desa Ongko


 Mahasiswa KKL Unsa Gelar Seminar UMKM Digital di Desa Ongko Perbesar

Sumbawa, dwipamedia.com –Mahasiswa Kuliah Kerja Lapangan (KKL) kelompok 3 Universitas Samawa (Unsa), menggelar seminar Strategi Pemasaran UMKM Digital di aula Kantor Desa Ongko, Kecamatan Empang, Minggu (6/8/2023).

Seminar ini melibatkan ibu-ibu PKK Desa Ongko. Adapun tujuan kegiatan ini untuk menyongsong masyarakat Desa Ongko dalam kegiatan UMKM. Pemateri dalam kegiatan ini, Nila Wijayanti, yang merupakan Dosen Pendamping Lapangan (DPL).

Ketua kelompok KKN Desa Ongko sekaligus Ketua Panitia, Rudi Ardianto mengatakan, pelaksanaan seminar ini dilatar belakangi dengan sektor UMKM yang merupakan salah satu alternatif bagi masyarakat dibidang ekonomi.

Dalam hal ini pihaknya juga memperkenalkan produk yang diolah sendiri dari daun kelor, menjadi kerupuk. “Saya bersama teman-teman KKL mengamati di setiap halaman rumah warga masyarakat Desa Ongko terdapat tanaman kelor. Maka dari itu kami memiliki ide untuk memanfaatkannya yaitu mengolahnya menjadi kerupuk daun kelor selanjutnya produk ini akan kami serahkan kepada ibu-ibu PKK Desa Ongko untuk di kelola sebagai salah satu produk UMKM,” ucapnya.

Sementara itu, Nila Wijayanti, dalam materinya mengatakan, hal yang perlu perhatikan dalam pemasaran produk adaalah 7P antara lain Product, Price, Place, Promotion, People, Process, Physical Evidence. Perlunya penerapan 7P, karena itu menjadi hal yang penting untuk memulai ekonomi di sektor UMKM. Disisi lain, perlunya niat, kiat serta giat ketika masyarakat sudah bergelut di UMKM. “Seperti yang kita ketahui sekarang zaman semakin canggih telpon genggam yang kita gunakan bisa untuk membuka peluang usaha. Kita bisa menjual produk kita melalu Facebook, Tik-Tok, Instagram dan lain sebagainya. Tentu dalam memanfaatkan media digital kita bisa berinteraksi dengan orang di luar sana dan mampu mempromosikan produk kita sehingga produk kita bisa di kenal oleh orang-orang di luar sana,” tuturnya.

Ia berharap, dengan adanya seminar ini ibu-ibu PKK Desa Ongko mampu memanfaatkan media sosial sebagai tempat mempromosikan Produk-produk UMKM agar mudah di kenal oleh orang lain. (dmn)

Artikel ini telah dibaca 147 kali

Baca Lainnya

LCCM Tingkat Kabupaten Sumbawa Diikuti 16 Sekolah, SMPN 1 Sumbawa Jadi Juara

21 Mei 2024 - 11:51 WIB

Ratusan Siswa SMP Negeri 1 Sumbawa Ikuti Pesantren Kilat Ramadhan

3 April 2024 - 14:10 WIB

Pelaksanaan SYAS 2023 di Kabupaten Sumbawa Berlangsung Sukses

8 Oktober 2023 - 12:16 WIB

Empat Atlet Sumbawa Ikut O2SN Tingkat Nasional

12 September 2023 - 18:48 WIB

Mahasiswa KKL Unsa Beri Pemahaman ke Warga Pungkit Beru Soal Stunting

7 September 2023 - 14:14 WIB

Mahasiswa KKN Unsa Gelar Pelatihan Manajemen Budidaya Ternak dan Pembuatan Jamur Media Tongkol Jagung

7 September 2023 - 11:40 WIB

Trending di Pendidikan